“Pegawai Bersinergi dan Cerdas, Prestasi Kerja Meningkat”
#ASNKiniBeda menjadi visi dan misi
Kantor Regional V BKN untuk meningkatkan pelayanan kepegawaian untuk para stakeholder-nya. Dengan visi dan misi tersebut, Kanreg V BKN menyelenggarakan Kegiatan Capacity Building bagi ASN dan PPNPNS yang berlangsung di PPMKP Ciawi pada tanggal 27 s.d 28 September 2019.
Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kapasitas pegawai untuk mewujudkan kinerja yang lebih baik, sesuai dengan slogan kegiatan Capacity Building: “Pegawai Bersinergi dan Cerdas, Prestasi Kerja Meningkat”.
Pembukaan secara resmi oleh Kepala Bagian TU mewakili Kepala Kanreg V BKN sekaligus menyampaikan laporan selaku penyelenggara.
Inspektur BKN berkenan memberikan beberapa poin terkait cara meningkatkan kinerja pegawai. Keterlibatan seluruh komponen organisasi sangat penting dalam pencapaian tujuan organisasi, evaluasi target capaian sebelumnya, azas prioritas, dan penentuan target capaian selanjutnya.
Instansi yang baik harus memperhatikan 3 pilar utama dalam berorganisasi, sebagaimana disampaikan oleh Kepala Bagian TU Kanreg V BKN saat memberikan materi. Satu dari ketiga pilar organisasi tersebut adalah SDM. Capacity Building merupakan salah satu cara yang dapat diusahakan oleh organisasi untuk meningkatkan kemampuan SDM yang dimiliki.
Pada kesempatan ini pula disampaikan materi Unit Pengendali Gratifikasi (UPG) oleh Kepala Bidang PDSK.
Terbentuknya UPG adalah upaya untuk meningkatkan remonurasi di lingkungan BKN, namun hal ini berdampak pada iklim kerja organisasi yang kurang nyaman. Karena dengan adanya UPG maka petugas pelayanan merasa dipantau dan diawasi gerak geriknya.
Secara garis besar Gratifikasi adalah pemberian baik langsung maupun tidak langsung, berwujud atau tidak berwujud di dalam maupun luar negeri. Dalam prakteknya ada beberapa pemberian yang bisa dilaporkan dan tidak perlu dilaporkan. Diharapkan tiap ASN dapat mempelajari lebih jauh tentang apa yang dimaksud Gratifikasi ini agar tidak terjadi kesalahpahaman di lain waktu.
Disamping pemberian wawasan berupa materi, kegiatan Capacity Building dilengkapi pula dengan kegiatan Outbound. Di sini para peserta dilatih untuk bekerja sama secara tim, saling bertukar pendapat, memberikan ide-ide baru, melatih keikhlasan, kesabaran dan kebersamaan.
Dalam menghadapi era digital 4.0 tentu Kanreg V BKN perlu mempersiapkan sarana dan prasarana yang lengkap, terutama SDM. Ilmu yang diperoleh dari kegiatan Capacity Building ini diharapkan dapat diterapkan oleh pegawai Kanreg V BKN dalam tiap tindakannya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat nantinya. nng
Copyright © | Kantor Regional V BKN Jakarta